OPERASI ZEBRA 2012 JATIM


Berlalulintas yang tertib, terus di sosialisasikan Polantas (polisi lalu lintas) Polres Sidoarjo. Dalam 14 hari mulai 28 November sampai 11 Desember mendatang, Satlantas melakukan operasi Zebra Semeru 2012.
Aneka edukasi tentang berlalu lintas juga terus disampaikan kepada pengguna jalan untuk meminimalisir terjadinya tingkat kecelakaan. Dalam kampanye ini, Polantas juga mengajak Polwan, Patroli Keamanan Sekolah (PKS) dan mahasiswa dalam sosialisasi keselamatan di Jalan Gubernur Suryo itu.
Peserta kampanye itu membagi-bagikan stiker yang berisi sejumlah rambu-rambu lalu lintas di traffic light. Satu persatu motor dan mobil yang melintas ditempeli stiker saat lampu merah menyala.
Menurut Kasatlantas Polres Sidoarjo AKP Fahrie Anggia Natua Siregar, 14 hari ke depan, Satlantas akan terus berkampanye keselamatan berlalulintas ini. Pengguna jalan terus dihimbau untuk patuh terhadap rambu lalu lintas. Pengenalan berlalu lintas dilakukan dengan mendatangi sekolah juga dilakukan.
“Kita akan memberikan edukasi tentang undang-undang lalu lintas yang berlaku selama ini. Setiap kampanye, Satlantas juga memberikan slogan baru yakni Saya Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas dan Budayakan Keselamatan Sebagai Kebutuhan”.,” ujar mantan Kasatlantas Polres Kota Malang ini.
Selama berkampanye pihaknya menjumpahi kesalahan yang dilakukan oleh pengguna jalan, akan dikedepankan dalam teguran saja. Namun pelangaran berikutnya setelah 14 hari sosialasi usai, akan dilakukan penindakan berupa tilang.
"Pengguna jalan jangan sampai mengabaikan atau menyepelekan keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan lain," tuturnya. [isa/ted] 

* Tujuan:
Terciptanya situasi lalu lintas yang aman, tertib, dan lancar dengan indikator menurunnya jumlah kecelakaan, baik kualitas maupun kuantitas; meningkatnya kepatuhandan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas; terciptanya kepercayaan masyarakat tergadap Polri dengan membangun opini melalui penegakan hukum lalu lintas secara profesional dan proporsional.


* Pola Operasi:
1. Pre Emtive: 40 persen
2. Preventive: 40 persen
3. Represive: 20  persen


* Sasaran: 
penertiban parkir on street, sosialisasi lajur kiri, sosialisasi lawan arus, penertiban penggunaan rotator/sirine pada kendaraan pribadi, kendaraan yang menggunakan TNKB tak sesuai spesifikasi teknis.(NAH UNTUK YG SATU INI KEPADA PARA BIKERS CB MANIA, YG SPEK MESINNYA TIDAK SESUAI, TOLONG KLO BERJALAN SENDIRI DIJALANAN HATI2 YA...... tutur : CB-TECH Krian)

Komentar

Postingan Populer